-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

4 Manfaat Kacang Kedelai untuk kesehatan

Manfaat Super Kacang Kedelai - semua pasti sudah tahu salah satu jenis kacang-kacangan yang sering sekali di olah menjadi tempe, tahu, dan minuman. kacang kedelai banyak di minum dan di konsumsi oleh anak-anak bahkan dewasa di seluruh dunia. Hal ini karena sudah banyak pernyataan dan penelitian menyatakan kedelai memiliki banyak manfaat yang cukup baik untuk tubuh.

Berbagai Manfaat Kacang Kedelai untuk kesehatan

Kedelai banyak dibudidayakan dalam jumlah besar di Amerika, walaupun banyak di budidayakan di sana asal kedelai sendiri adalah asli tanaman Asia. Salah satu kandungan yang paling di sorot dari kedelai adalah kandungan protein nabatinya. Berbagai kandungan lainya antaralain kaya nutrisi, vitamin, serat dan protein.Vitamin K, riboflavin, asam folat atau  vitamin B9, vitamin B6, thiamin, dan vitamin C. Zat besi, mangan, fosfor, tembaga, kalium, magnesium, zinc, selenium, dan kalsium.

Berbagai kandungan senyawa organik, nutrisi, dan antioksidan baik tersebut sangat lah bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kedelai untuk kesehatan :

  •  Meningkatkan metabolisme
Dengan mengkonsumsi kedelai secara rutin akan meningkatkan metabolisme tubuh, hal ini di karenakan kandungan protein nabati yang dimiliki kedelai cukup tinggi. Protein merupakan unsur utama yang dibutuhkan tubuh untuk membangun sel dan pembuluh darah. protein bisa di dapatkan juga dari daging, ayam, telur, susu, ikan.

  • Mencegah Kanker
Kedelai juga memiliki kandunga Antioksidan yang cukup tinggi, sehingga pada umumnya baik untuk mengurangi resiko berbagai jenis kanker. Antioksidan dapat menjadi penetralisir radikal bebas, Radikal bebas ini dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi menjadi sel-sel kanker. Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam kedelai terkait kepada pengurangan resiko kanker kolorektal dan kanker usus besar, karena serat bermanfaat membantu proses pencernaan.

  • Kesehatan Jantung
Kedelai memiliki kandungan lemak yang baik untuk membantu kesehatan jantung, kedua lemak ini bukan lemak jenuh, kedua asam lemak ini adalah lemak baik yaitu asam linoleat dan asam linolenat, yang berguna untuk mengatur fungsi otot polos dalam tubuh dan membantu menjaga tekanan darah yang normal. selain itu serat dalam kedelai juga dapat mengurangi kadar kolestrol yang belebih dan plak pada dinding pembuluh darah.

  • Menopause :
Kedelai memiliki kandungan senyawa organik yang merupakan senyawa penting pada sistem reproduksi wanita yaitu isoflavon. pada saat menopause terjadi, kadar estrogen wanita menurun secara signifikan, dengan adanya isoflavon bisa mengangka sel-sel reseptor estrogen.

Previous
Next Post »