-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

10. Khasiat Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

Khasiat Mengkudu Untuk Kesehatan - Siapa yang tak kenal buah mengkudu ? Buah asli Asia Tenggara ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah. Pada umumnya buah mengkudu dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat untuk bahan makanan seperti sayur, rujak, jus dan juga jamu tradisional. Memang sebagian orang kurang menyukai buah yang satu ini karena memiliki bau yang kurang sedap dan Memiliki bentu yang kurang enak dipandang, dimana terdapat bintik-bintik hitam sebagai ciri khasnya. Namun dibalik bentuknya yang aneh tersebut, Ternyata Mengkudu menyimpan banyak khasiat yang baik bagi kesehatan.
 
Menurut penelitian mengkudu mengandung beberapa zat yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain : Zat nutrisi, Terpenoid, Zat anti bakteri, Scolopetin, Zat anti kanker, Xeronine dan Proxeronine, vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan kalsium.
Manfaat Buah Mengkudu 

1. Meredakan Penyakit Pernapasan
- Manfaat mengkudu pada sistem pernapasan, untuk melegakan penyakit sinus atau resdung, asma, bronkhitis, hingus meleleh, meredakan batuk.

2. Mengobati Sakit Kepala
- Manfaat buah mengkudu untuk mengobati sakit kepala terbilang cukup besar. sebab dalam buah ini mengandung senyawa analgesik sebesar 75 %. Tidak hanya bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit kepala saja, tetapi kandungan analgesik tersebut juga mampu mengurangi rasa nyeri.

3. Menurunkan Darah Tekanan Tinggi Atau Hipertensi
- Kandungan zat fitonutrien scopoletin yang berfungsi melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.

4.  Mengobati Penyakit Bronkitis
- Kandungan zat anti bakteri yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk mencegah bakteri yang masuk ke dalam paru-paru serta membunuh bakteri yang ada di dalam paru-paru. Konsumsi mengkudu secara teratur agar penyakit bronkitis cepat sembuh.

5. Mengobati Penyakit Kulit
- Manfaat mengkudu untuk penyakit kulit seperti bisul, luka, tumit kaki pecah-pecah, kulit kering dan bersisik.

6. Mengatasi Gangguan Mulut Dan Leher
- Manfaat mengkudu pada saluran mulut dan tekak (leher), seperti radang tekak, sakit gusi, sakit gigi dan batuk.

7. Melawan Penyakit Kanker
- Keuntungan lainnya jika mengkonsumsi buah mengkudu ini adalah melawan kanker. Karena kandungan zat anti kanker buah mengkudu dapat mencegah perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. 

8. Mengobati Diare 
- Diare bisa disembuhkan dengan mengkudu karena kandungan mengkudu tersebut memiliki zat anti bakteri. Zat anti bakteri bisa membunuh bakteri salmonella atau e colli penyebab terjadinya penyakit diare.

9. Menurunkan Kolesterol
- Zat xeronine dan proxeronine yang dikandung dalam buah mengkudu mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

10. Mengatasi Penyakit Diabetes
- Karena dalam buah satu ini mengandung senyawa proxeronine yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah tubuh kita, sehingga buah mengkudu dapat mengobati penyakit diabetes.Tidak hanya berguna untuk mengontrol kadar gula dalam darah saja, tetapi jika mengonsumsi buah mengkudu secara rutin, penyakit diabetes dapat dicegah sejak dini.

Namun dibalik manfaat yang kita peroleh tersebut, Mengkudu sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh :

Ibu Hamil Dan Menyusui  : Karena jika ibu hamil mengkonsumsi buah mengkudu ini mengakibatkan keguguran pada janin atau kandungannya, sebab dalam mengkudu banyak digunakan sebagai herbal aborsi. Selain itu pada ibu yang menyusui, mengkudu akan menimbulkan efek racun pada ASI .

Penderita Penyakit Ginjal : Dalam buah mengkudu terdapat senyawa kalium yang banyak, kandungan kalium ini sangat berbahaya bila dikonsumsi penderita batu ginjal. Oleh karena itu, apabila Anda menderita penyakit ginjal anda hatus menghindari buah tersebut.

Penderita Penyakit Liver : Bagi penderita penyakit liver harus menghindari buah ini, karena dapat mengganggu fungsi hati.


Previous
Next Post »