-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

11 Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Bawang Merah Untuk Kesehatan - Bawang merah yang tak asing lagi di telinga kita, sebagai bahan utama di berbagai bumbu masakan.  Bawang merah yang memiliki nama latin Allium ascalonicum L. merupakan tumbuhan dalam famili Alliaceae.  Bagian yang sering dimanfaatkan dari bawang merah ini adalah umbi dan daunnya. Pengolahannya dengan cara dihaluskan bersama bumbu lainnya maupun dijadikan bawang goreng sebagai pewangi dan penyedap masakan.

Namun bagi anda yang tidak terbiasa mengiris bawang merah dapat mengakibatkan mata ingin menangis meneteskan air mata. Ini karena kandungan senyawa bersulfur yang terkandung dalam bawang akan bereaksi dengan suatu enzim sehingga menghasilkan asam sulfenat. Namun bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.


Manfaat Bawang Merah
Beberapa manfaat dapat kita peroleh dari bawang merah antara lain :

1. Mencegah Timbulnya Kanker
Salah satu manfaat mengkonsumsi bawang merah adalah mencegah timbulnya sel-sel kanker, seperti kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Karena bawang merah juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dan membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

2. Mengatasi Pendarahan
Mimisan atau pendarahan di area hidung  dapat disembuhkan dengan menggunakan irisan bawang merah mentah. Caranya cukup mudah, yaitu hiruplah aroma irisan bawang merah mentah, darah yang keluar dari hidung akan berhenti. Selain mengobati mimisan, bawang merah mentah juga dipercaya sangat efektif dalam mengobati wasir atau dengan nama lain hemoroid.

3. Menurunkan Demam Pada Anak
Dari dulu bawang merah dipercaya mampu menurunkan demam pada anak, caranya adalah iris bawang merah kecil-kecil kemudian campur dengan sedikit minyak angin. Kemudian oleskan disekujur tubuh disertai dengan pijatan.

4. Mengatasi Perut Kembung
Perut kembung biasanya menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada area perut. Namun kita bisa mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar.

5. Mencegah Dan Mengobati Sembelit
Mengkonsumsi bawang merah setiap hari akan membantu kita mencegah dan mengobati masalah sembelit, karena dapat membuang racun yang ada pada tubuh.

6. Penambah Stamina
Hanya dengan mengkonsumsi bawang merah mentah anda dapat memperoleh tambahan stamina untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

7. Menjaga Kesehatan Mulut
Bawang merah dipercaya mampu menghilangkan bau mulut dan mencegah terjadinya gigi berlubang. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup kunyah bawang merah mentah.

8. Mengontrol Diabetes
Mengkonsumsi bawang merah mampu mengontrol insulin dalam tubuh untuk menjaga tubuh tetap sehat terlebih bagi penderita diabetes.

9. Menurunkan Berat Badan
Mengkonsumsi bawang  merah mampu menurunkan kandungan lemak yang ada di dalam tubuh. Dikarenakan kandungan kromium yang mampu menurunkan berat badan.

10. Menjaga Kesehatan Jantung
Bawang merah mampu menurunkan kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

11. Mengobati Gangguan Urin 
Bagi Orang yang memiliki gangguan pada saat membuang air kecil, Bawang merah dapat memberikan bantuan yang cukup besar. Nah bagi si penderita gangguan Urin tersebut harus meminum air bawang merah dengan merebus 6 sampai 7 gram bawang merah tersebut.

Sebaiknya anda memilih bawang merah yang masih segar supaya tetap terjaga kandungannya sehingga kita dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Sekian artikel pembahasan bawang merah semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »