-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan - InfoManfaatKhasiat

Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan - Siapa sih yang tak kenal buah melinjo ? Dalam bahasa Jawa, melinjo disebut dengan Belinjo yang menjadi  bahan utama untuk pembuatan emping. Selain emping, ternyata juga bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan.  Melinjo terdiri dari beberapa warna, mulai dari hijau yang menandakan masih muda, warna kuning yang hampir matang, dan warna merah atau ungu gelap yang mengisyaratkan jika sudah matang. Rasanya identik dengan rasa pahit  sering ditambahkan ke dalam olahan sayur asam.

Dibalik buahnya yang kecil melinjo ternyata memiliki kandungan yang luar biasa untuk mejaga kesehatan tubuh manusia. Kandungan dalam melinjo antara lain energy, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, serta kandungan lainnya. Maka tak heran jika melinjo juga sering digunakan sebagai bahan obat yang alami dalam pengobatan herbal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak manfaat dan khasiatnya yang lebih lengkap di bawah ini.


Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Pikir
Anda sering mengalami lupa ? Kebiasaan lupa atau pikun tidak hanya dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut, namun juga remaja dan orang dewasa. Makanlah melinjo untuk membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, sehingga mencegah diri Anda dari penyakit pikun.

2. Menguatkan Tulang Dan Gigi
Kandungan kalsium yang melimpah dalam melinjo sangat bermanfaat untuk  menguatkan tulang dan gigi, sehingga mampu mencegah osteoporosis dan gigi berlubang.

 3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Perubahan cuaca yang ekstrim membuat anda mudah terserang berbagai penyakit ? Melinjo adalah salah satu alternatif supplement sistem imun tubuh, karena kandungan antioksidan dalam melinjo cukup tinggi. Manfaat antioksidan akan bekerja untuk menyerang semua radikal bebas dalam tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan bahan antioksidan yang ditemukan pada buah melinjo bisa bekerja seperti vitamin C yang ditemukan pada buah-buahan.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi mampu dikontrol dengan memakan melinjo secara rutin. Hasilnya tekanan darah anda akan kembali normal.
5. Mencegah Penuaan Dini

Radikal bebas yang tinggi membuat  kulit anda semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang tidak elastis menjadikan tanda-tanda awal penuaan dini. Konsumsi buah melinjo secara teratur bisa mencegah penuaan dini karena kandungan bahan antioksidan alami dalam buah melinjo.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Serangan jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan di dunia ini, banyak jutaan nyawa yang melayang karena penyakit ini. Namun siapa yang menyangka dibalik ukurannya yang kecil ini mampu menyehatkan jantung Anda.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan
Sembelit dan diare adalah penyakit yang sering dialami, namun jika tidak cepat diatasi akan mengganggu saluran pencernaan. Kandungan serat pada melinjo mampu memperlancar saluran pencernaan dan memperlancar proses BAB.

Itulah beberapa manfaat dari buah melinjo untuk kesehatan, semoga informasi ini bermafaat untuk kita semua.

Previous
Next Post »