Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Friday, February 3, 2017

10 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan - Delima yang memiliki nama latin punica granatum, buah asli Timur Tengah mampu tumbuh di daerah  yang beriklim Tropis dan subtropis. Namun buah ini sangat mudah ditemui di Indonesia kita. Buah delima dapat ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Buah delima dapat ditanam di dalam pot atau bisa juga langsung ditanam di tanah.  ada tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu.

Kandungan buah delima antara lain asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin. Selain menyehatkan tubuh buah ini berkhasiat untuk kecantikan kulit karena kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi.



Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan
Karena kandungan vitaminnya cukup tinggi buah delima dipercaya untuk membantu menjaga kesehatan tubuh antara lain :

1. Menyehatkan Kulit 
Buah delima mengandung zat antioksidan yang tinggi yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari polusi, mencegah penuaan dini, dan kanker kulit. Buah delima juga membantu meregenerasi sel kulit, menghilangkan sel-sel mati dan kulit kusam, sehingga akan membuat kulit menjadi sehat dan bersinar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Antioksidan dalam buah delima mampu meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga membuat jantung tetap sehat. 

3. Mengobati Sariawan
Sariawan adalah penyakit yang terjadi di rongga mulut yang sangat mengganggu karena menimbulkan rasa yang perih. Namun dengan mengkonsumsi buah delima yang matang sariawan dapat diobati dengan mudah.

4. Mengobati Jerawat
Buah delima sangat bermanfaat untuk menghilangkan minyak penyebab timbulnya jerawat. oleskan perasan buah delima pada permukaan kulit wajah.
5. Mencegah Cacingan 
Buah delima yang dicampur dengan wortel mampu mencegah penyakit cacingan. Berikut langkah-langkahnya
  • Siapkan buah delima dan wortel yang masih segar
  • Kemudian blender atau haluskan secara bersamaan
  • Minum sebanyak 1-2 kali sehari
6. Menurunkan Darah Tinggi
Hanya dengan minum jus secara rutin mampu menurunkan penyakit darah tinggi secara efektif. Manfaat antioksidan dari buah delima akan membantu untuk mengendalikan tekanan darah.

7. Mencegah Anemia
Zat besi dalam darah akan membantu mengurangi gejala anemia, termasuk kelelahan, pusing, kelemahan, dan gangguan pendengaran.

8. Mengurangkan Inflamasi.
Vitamin dalam buah delima merupakan satu bahan anti-inflamasi. Ini boleh membantu anda mengawal dan mengurangkan penyakit asma, sakit tekat, batuk dan bersin.

9. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Senyawa anti inflamasi. dalam biji delima juga mampu mempercepat penyembuhan luka akibat goresan. Mengkonsumsi buah delima akan mempercepat penyembuhan kulit luka dan infeksi. 

10. Mencegah Osteoarthritis
Aterosklerosis dan osteoarthritis dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah ini. Buah delima mampu mencegah pembentukan enzim yang bertanggung jawab terhadap jaringan ikat dalam tubuh.



Previous
Next Post »