-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

18 Manfaat Cuka Untuk Kehidupan Sehari - hari

18 Manfaat Cuka untuk kehidupan sehari - Berbicara dan membahas tentang cuka, pasti banyak yang sudah tahu dan mengerti manfaat cuka untuk dapat membantu membersihkan rumah. Sudah banyak sekali orang yang memanfaat kan cuka putih untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan rumahnya.


Selain itu banyak juga yang memanfaat cuka untuk kesehatan, kecantikan, dan banyak lagi. Karena jenis cuka sendiri banyak sekali, ada cuka hitam, cuka putih, cuka dari ekstrak buah.

Cuka rata-rata di buat dari buah anggur atau padi /gandumg yang difermentasi dan memiliki berbagai rasa dan aroma. Biasanya cuka buah mempertahankan aroma dan bahan dasarnya seperti apel atau raspberry, biasanya cuka buah ini digunakan untuk saus selada dan campuran hidangan laut.

Untuk jenis cuka putih memiliki sifat yang cukup keras, di distilasi dari alkohol jadi tidak pas untuk di gunakan campuran makanan ataupun masakan, tetapi ada juga cuka putih yang di buat juga melalui fermentasi buah seperti cuka lainya. Tetapi untuk cuka putih yang terbuat dari alkohol lebih dikhususkan untuk cairan pembersih.

Berikut ini adalah berbagai manfaat cuka antara lain 20 manfaat cuka :

  1. Manfaat cuka untuk membersihkan kotoran membandel - Cuka yang di campurkan dengan seperempat cangkir baking soda, dan satu sendok makan sabun cair dapat digunakan untuk membersihkan, westafel, tempat air, dan lantai. Anda pun memiliki bahan pengganti pembersih kimia.
  2. Membersihkan meja, seperti halnya membersihkan kotoran pada westafel dan lantai, tuang sedikit cuka putih pada sehelai kain lap lalu gunakan untuk membersihkan supaya meja lebih segar.
  3. Sebagai pembersih cucian. Tambahkan seperempat cangkir cuka ke dalam air cucian Anda. Selain melembutkan kain, cuka juga membantu menghilangkan noda membandel.
  4. Pembersih Kaca. Campurkan cuka dengan air dalam botol semprot, dan gunakan untuk membersihkan jendela dan kaca rumah.
  5. Penghilang noda pada kayu. Campurkan cuka dan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, dan gosokkan dengan kain di atas kayu.
  6. Pembersih karat. Rendamlah alat yang berkarat di dalam cairan cuka selama satu malam, namun pastikan Anda membilasnya bersih di pagi hari, agar cuka tidak bikin logam berkarat.
  7. Pembersih mesin kopi. Tuangkan cuka ke dalam pembuat kopi, campur dengan air dan biarkan bekerja dengan baik. Cairan itu akan menghilangkan kerak kapur dan membuat kopi Anda terasa lebih segar.
  8. Pembersih saluran air: Apakah Anda merasa saluran air berbau? Tuangkan secangkir baking soda dengan cuka putih panas. Biarkan selama beberapa menit, dan larutkan dalam air. Lalu tuangkan ke saluran air.
  9. Pembersih microwave. Campurkan cuka dan air ke dalam piring, masukkan ke dalam microwave, lalu biarkan mendidih di dalam. Biarkan uap cuka menyebar, kemudian bersihkanlah
  10. Pembersih pintu oven. Sapukan cuka putih di seluruh bagian dalam pintu oven, kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bersihkanlah. Penggunaan cuka sebagai pembersih ini dapat mengurangi penggunaan sabun dan lainnya.
  11. Pembersih gelas. Semprotkan cuka ke dalam gelas anggur, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air panas, dan biarkan mengering.
  12. Membersihkan noda lemak di panci. Masukan cuka putih setinggi 2 cm dalam panci, rebus, diamkan 2 jam, bilas dan bersihkan.
  13. Membersihkan microwave. Isi mangkok dengan campuran 1 bagian cuka 1 bagian air, panaskan microwave sampai mendidih, diamkan 2 jam didalam, lalu bersihkan.
  14. Membersihkan noda limescale. Campurkan 1 bagian cuka dan 1 bagian air, rendam bagian yang terkena noda dan diamkan 2 jam, lalu bersihkan dan bilas.
  15. Membersikan lubang WC. Masukkan cuka ke dalam lubang, tambahkan minyak essensial aroma jeruk, diamkan semalaman, lalu bilas.
  16. Membersikan kaca jendela. Lap bersih kaca dengan campuran 1/4 gelas cuka dan 1 liter air, keringkan dengan kain bersih & kilatkan dengan kertas koran.
  17. Melembutkan pakaian. Pengganti softener, masukan 30 ml cuka putih utk 4 kg pakaian, campurkan 5 tetes minyak essensial aroma lavender utk mengharumkan
  18. Melembutkan rambut. Agar rambut anda licin mudah disisir, campurkan 1 sdm cuka putih dalam 1 liter air, cuci dahulu dengan cairan ini,  lalu cuci rambut seperti biasa.
Itulah dia 18 Manfaat Cuka yang bisa di dapatkan dari cuka, semoga dapat membantu menambah pengetahuan anda mengenai informasi dan kegunaan cuka. dan perlu diingat jika memang dirasa ragu untuk mancoba lebih baik konsultasikan kepada orang yang lebih berpengalaman.

Previous
Next Post »