-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Manfaat Dan Khasiat Daun Bawang Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Bawang - Tidak hanya umbi akarnya saja yang sering dimanfaatkan sebagai bahan penyedap makanan, Namun daun bawang juga sering dicampurkan dalam berbagai masakan misalnya bakwan jagng,soto dan lain sebagainya. Bahkan daun bawang mentah juga dipakai untuk lalapan saat makan lumpia. 

Artikel Terkait : Manfaat Bawang Merah 

Mengkonsumsi daun bawang dipercaya mampu memberikan banyak manfaat kesehatan tubuh antara lain peningkatan kesehatan kulit, rambut, pencernaan, dan kesehatan Anda secara keseluruhan.


Manfaat Daun Bawang 
Berbaga manfaat daun bawang memang sudah dikenal banyak orang. Selain daun bawang digunakan untuk menyedapkan masakan, ternyata daun bawang juga memiliki fungsi sebagai obat. Dibawah ini adalah manfaat dari daun bawang

1. Menyehatkan Mata
Mata adalah salah satu panca indra yang sangat memiliki peran sangat vital dalam kehidupan. Maka kita harus menjaga kesehatannya. Dalam satu batang bawang daun terdapat kandungan pro-vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata.

2. Menyehatkan Jantung
Kandungan polysulfides yang ada dalam daun bawang akan melindungi penyakit jantung dan membuat jantung lebih sehat.

3. Mencegah diabetes
Phyto-kimia ini adalah salah satu zat yang dikandung dalam daun bawang yang sangat ampuh untuk mencegah degradasi insulin di tubuh serta meningkatkan metabolisme glukosa. Oleh sebab itu, tidak ada larangan khusus bagi penderita diabetes untuk mengkonsumsi daun bawang.

4. Sumber Antioksidan Yang Tinggi
Daun bawang memiliki beberapa kandungan zat anti oksidan yang bernama quercetin dan kemferfol yang baik baik untuk kesehatan kulit dan tubuh secara keseluruhan.

 5. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi yang yang tinggi mampu meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh untuk mencegah penyakit anemia. Tak ada salahnya jika seseorang kekurangan darah harus mencoba mengkonsumsi makanan ini karena kandungan ferroportin pada daun bawang menyimpan zat besi.

6. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Mengkonsumsi daun bawang mampu memperkuat sistem imunitas karena kandungan allicin seperti senyawa belerang. Hal ini berfungsi sama dengan kandungan vitamin C pada jeruk.

7. Mengobati Cacingan Pada Anak
Telah diketahui daun bawang mampu menghilangkan penyakit cacingan yang menghambat pertumbuhan buah hati anda.

8. Menyehatkan Ibu Hamil
Bawang daun memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan meningkatkan kecerdasan otak. Wanita hamil yang kekurangan folat akan rentan keguguran dan mengalami kelelahan.

Pilihlah daun bawang yang segar dan tidak layu agar mampu menambah rasa masakan anda serta memperoleh khasiat yang baik dari daun bawang yang segar.

Previous
Next Post »