-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

12 Manfaat Tak Terduga Minum Air Putih

Manfaat Tak Terduga Minum Air Putih - Air adalah senyawa yang paling penting dalam kehidupan dimuka bumi ini, karena setiap kehidupan pasti membutuhkan yang namanya untuk terus hidup air. Perlu diketahui bahwa tubuh seseorang memiliki kadar air sebanyak 80% dari seluruh unsur manusia, yang masing-masing terdapat pada paru, darah, kulit, otot, otak, dan tulang. Peran air dalam tubuh dan kehidupan, sehingga tidak satupun fungsi tubuh dapat bekerja tanpa air. Peran air dalam tubuh antara lain sebagai Pembentuk sel dan cairan tubuh, Pelarut, Media pengeluaran zat sisa, Bantalan, Pengatur suhu, Media transportasi, da Pelumas

Minum air bagi sebagian seseorang adalah hal yang sepele, namun banyak orang yang lebih memilih mencampur air putihnya dengan berbagai serbuk minuman dengan alasan ingin menambah rasa. Memang air putih meiliki rasa yang hambar atau tidak berasa, tapi ketahuilah bahwa minum air putih murni lebih baik daripada minuman yang berasa, karena dalam air putih miurni tidak mengandung bahan-bahan kimia yang membahayakan tubuh dan mengandung berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Minum air kelihatan sepeleh bagi sebagian orang, namun dibalik semua itu air putih menyimpan berbagai manfaat baik bagi tubuh antara lain :

1. Memenuhi Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Sebagian besar tubuh kita adalah air, jika kebutuhan cairan kita tidak terpenuhi maka tubuh akan merasa lemas, karena kurangnya asupan air ke tubuhdanitentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. untuk itu kita harus meminum air minimal 8 gelas dalam sehari untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. 

2.  Menjaga Kesehatan Organ Ginjal  
Ginjal memiliki fungsi penting bagi tubuh, untuk itu minumlah air yang cukup untuk mejaga fungsi ginjal dengan optimal dan menghindarkan dari penyakit gagal ginjal.

3. Mencegah Penuaan Dini

Menurut penelitian bahwa kandungan mineral dalam air mampu membantu meregenerasikan sel-sel kulit mati, sehingga membuat kulit lebih kencang dan awet muda. 

4. Mencegah Berbagai Penyakit
Telah diketahui bahwa air putih memiliki sejuta manfaat baik bagi tubuh, serta mencegah tubuh dari berbagai serangan penyakit. Karena air tidak menganndung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan kita.

5.  Mencegah Psoriasis 
Psoriasis merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang menyerang kulit, namun hanya dengan minum air yang cukup bermanfaat memerangi gangguan kulit seperti psoriasis. Hal ini juga meningkatkan tingkat metabolisme dan meningkatkan sistem pencernaan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Hal ini pada akhirnya akan memberikan Anda kulit yang sehat dan bersinar.

6. Peremajaan Otot Dan Sel Darah
Minum air putih di pagi hari bermanfaat untuk memperbaharui organ otot serta seluruh sel darah di tubuh.

7. Mengontrol Berat Badan

Air putih membantu fungsi hati yang bertugas membakar lemak menjadi energi, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi  maka sebagian lemak jahat akan tertimbun dalam tubuh. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.

8. Retensi Air 
Retensi air adalah respon tubuh terhadap perubahan hormon, lingkungan, penyakit atau berolahraga. jika kebutuhan cairan tubuh anda tidak tercukupi, maka otak akan mengartikannya sebagai ancaman bagi kelangsungan hidup, sehingga memerintahkan tubuh untuk menyimpan lebih banyak air. Hal ini akan membuat kaki dan tangan menjadi bengkak. Minumlah lebih banyak air sehingga tubuh Anda  kembali normal.

9. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh
Air putih dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui keringat dan kencing yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

10. Menjaga Kesehatan Kelenjar Getah Bening
Saat sistem getah bening dapat bekerja dengan optimal, maka tubuh akan memiliki kekuatan lebih untuk melawan infeksi yang dapat menganggu kualitas kesehatan tubuh yang anda miliki.

11. Mencegah Sembelit
Bagi seseorang yang mengalami sembelit atau susah air besar di pagi hari, maka sebaiknya minum air putih saat bangun tidur yang mana bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar.
12. Menjaga Fungsi Otot
Air yang cukup akan membantu menjaga kontraksi otot yang normal dan mencegah kram otot. Hal Ini akan membantu jika Anda berolahraga, sehingga menjadi lebih kuat dan sehat.

Itulah 12 Manfaat Tak Terduga Minum Air Putih dan membuktikan bahwa menjaga kesehatan itu tidak perlu mahal karena hal kecil pun seperti air mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Sekian informasi kali ini semga bermanfaat.

Previous
Next Post »