-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

8 Manfaat Daun Kersen Untuk Pengobatan Alami

Manfaat Daun Kersen Untuk Pengobatan Alami - Buah kersen atau yang kerap dipanggil ceri jawa ini sangat mudah sekali diperoleh. Pohon kersen dapat tumbuh subur dimanapun tanpa membutuhkan perawatan khusus. Biasanya pohon kersen ini tumbuh liar di pinggir jalan, kebun dan persawahaan. Orang juga bisa dengan mudah menikmati buah kersen yang ada. 

Pohon Kersen ini sering dianggap orang-orang sebagai hama karena tumbuh liar serta mengganggu pertumbuhan tanaman lain, namun dibalik itu semua ternyata kersen mempunyai banyak  khasiat jika kita mengkonsumsinya. Karena daun kersen mengandung saponin serta flavonoid yang berperan sebagai antioksidan sehingga mampu menyekresi hormon insulin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme gula.

Kandungan nutrisi - Memiliki senyawa flavonoid, biflavan, Flavan, Flavanone dan Falavone,Vitamin, zat alkaloid, Tanin dan saponi, Protein, Kalsium, Zat besi, Lemak tak jenuh ganda, Karbohidrat, Serat dan fosfor,memiliki zat anti oksidan , anti inflamasi, anti kanker dan tumor. Zat anti septik yang kuat dalam melindungi luka dan peradangan.




Manfaat Daun Kersen :
Selain memiliki buah yang manis dan legit, ternyata bagian daun kersen ini juga mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh jika anda mengkonsumsinya secara rutin. Dibawah ini adalah beberapa manfaat yang anda peroleh dari daun kersen.

1. Sebagai Obat Mengatasi Diabetes
Daun kersen dapat dijadikan obat mengatasi diabetes. Telah lama daun kersen dikenal sebagai ramuan herbal alami yang digunakan untuk mengatasi penyakit gula darah. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.


2. Mengobati Asam Urat
Buah kersen ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengobati penyakit asam urat. Buah kersen juga sudah terbukti mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kambuhnya penyakit asam urat.

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi
Daun kersen juga dapat digunakan untuk mencegah hipertensi. Caranya dengan merebus daun kersen kemudian diminum 2 kali sehari.

4. Mengatasi Kolesterol
Daun kersen juga bermanfaat untuk proses penyembuhan kolesterol yang tinggi. Caranya dengan merebus daun kersen kemudian diminum 3 kali hari.

 5.Menjaga Kinerja Jantung
Daun kersen juga dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

6. Mencegah Kanker 
Menurut penelitian telah menemukan adanya sifat anti kanker yang terdapat pada kersen, dengan ditemukannya kandungan flavonoid sitotoksik baru dalam akar kersen.

7. Mencegah Peradangan Atau Inflamasi
Air rebusan daun kersen diketahui memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan dan juga mampu menurunkan demam.

 8. Mencegah Pertumbuhan Tumor
Daun kersen juga diketahui mempunyai khasiat anti tumor. Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam daun kersen diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.


Previous
Next Post »