Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

7 Manfaat Buah Pepaya Terhadap Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Pepaya Terhadap Kesehatan Tubuh - Buah pepaya  yang memiliki nama latin Carica papaya L memiliki rasa nan manis dan menyegarkan.Pepaya adalah buah asli dari Meksiko, dan sekarang buah pepaya telah menyebar luas ke berbagai belahan dunia terutama daerah yang beriklim tropis seperti indonesia. Buah ini dapat dinikmati langsung  atau dijadikan es buah nan segar. Bahkan buah yang masih mentah dapat dijadikan berbagai macam sayuran.

Hampir seluruh bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan misalnya buah, daun, bunga dan sebagainya. Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. 

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya


Kandungan Gizi Buah Pepaya 
Buah pepaya kaya akan gizi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari antara lain kalori,karbohidrat, serat dan protein.

Manfaat Buah Pepaya
1. Melancarkan pencernaan
Mengkonsumsi buah pepaya setiap hari mampu mencegah penyakit pencernaan misalnya sembelit dan suasah buang air besar. Tidak hanya baik untuk melancarkan saat ke toilet, manfaat buah pepaya untuk kesehatan pencernaan lainnya adalah mencegah penyakit kronis seperti kanker usus besar. Gabungan dari beta karoten, vitamin C, serat makanan, vitamin E dan folatn.

2. Meredakan Sakit Osteoporosis
Adanya kandungan enzim inflamasi yang dapat meminimalisir rasa sakit bagi orang-orang yang menderita Osteoporosis dan juga arthritis.

3. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Buah pepaya yang telah ditumbuk bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar atau lecet. Enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam pepaya berfungsi seperti salep. Salep yang mengandung enzim papain juga telah digunakan untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

4. Mencegah Dan Mengobati Sariawan
Kandungan Vitamin C dalam buah pepaya mampu mencegah dan mengobati sariawan yang sangat mengganggu kesehatan mulut.

5. Menurunkan Berat Badan
Buah pepaya ini sangat cocok bagi anda yang menjalani program diet dan ingin menurukan berat badan karena buah pepaya mengandung air dan serat yang tinggi sehingga membuat anda kenyang lebih lama dan memberi anda enegi untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

6. Menurunkan Resiko Penyakit jantung
Serat, kalium dan vitamin yang dikandung dalam buah pepaya membantu tubuh dalam menurunkan resiko penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium, yang dilakukan bersamaan dengan penurunan asupan natrium , merupakan perubahan pola makan yang paling penting, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan enzim pada pepaya juga dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang dapat menekan kadar kolesterol dan membantu mencegah gejala penyakit jantung.

7. Anti inflamasi
Adanya kandungan enzim papain dan chymopapain dalam buah pepaya memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi) serta membantu dalam penyembuhan luka bakar. Anti oksidan seperti vitamin C dan beta karoten juga turut andil dalam menurunkan efek inflamasi. Jadi buah ini baik untuk penderita penyakit inflamasi seperti osteoarchritis, rematik, asma dan baik bagi penderita alergi.

Previous
Next Post »