Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Friday, February 10, 2017

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh - Indonesia kaya akan hasil rempah-rempah salah satunya adalah cengkeh, cengkeh sudah dikenal dari zaman penjajahan belanda dulu. Cengkeh banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas di negara-negara Eropa, dan sebagai bahan utama rokok kretek khas Indonesia. 

Kandungan Cengkeh - Cengkeh salah satu jenis rempah paling dicari di dunia ini adalah kandungan mineral dan senyawa unik yang tersimpan di dalamnya.  Beberapa kandungan yang ada didalam cengkeh adalah karbohidrat, glukosa, serat, protein dan juga  energi.


Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

1. Anti Bakteri
Eugenol dikenal sebagai antiseptik alami. Kandungan eugenol pada cengkeh juga baik bagi kesehatan kulit. Sifat anti bakteri dan jamur nya mampu mengatasi beberapa penyakit kulit yang di sebabkan oleh jamur. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus beberapa cengkeh, ambil airnya dan oleskan pada bagian kulit yang terinfeksi. Setelah beberapa saat bilas dengan air bersih.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan
Cengkeh mampu melancarkan sistem pencernaan dan sembelit. Namun jika berlebihan bisa mengiritasi lambung.  
3. Mencegah Diabetes
Salah satu senyawa mineral yang mampu bekerja meningkatkan daya serap sel terhadap glukosa. Mangaan juga membantu memaksimalkan pembuangan glukosa berlebihan dari darah.

4.Anti Inflamasi
Menurut salah satu riset yang dikembangkan oleh Universitas Estadual de Maringá Colombo Brazilia, di tahun 2009, dikatakan bahwa terdapat kemampuan anti inflamasi yang sangat kuat dari cengkeh dengan deretan senyawa uniknya yang berperan mengatasi infeksi, peradangan dan meredakan kerusakan jaringan.

5. Meringankan Flu Dan Sakit Kepala
Aroma air rebusan cengkeh bisa menjadi  pelega pernafasan untuk mengatasi keluhan tonsil pada hidung yang mengakibatkan hidung tersumbat dan batuk. Sifat anti bakteri ditambah rasa hangat yang muncul menjadi unsur yang bekerja melegakan pernafasan.

Dalam beberapa kondisi sifat hangatnya juga bekerja melancarkan sirkulasi darah menuju kepala sehingga tekanan dalam otak terasa berkurang. Disertai kemampuan analgesik di dalamnya, cengkeh bisa bekerja meredakan nyeri di kepala.

6. Mengobati Sakit Gigi
Dari zaman dulu minyak cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Caranya cukup mudah yaitu dengan menempatkan/mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada lubang tempat sakit gigi. Hasilnya sangat luar biasa, kandungan zat yang terdapat pada cengkeh diyakini memiliki sifat antibiotik yang sangat ampuh dalam membunuh bakteri.

7.  Menghilangkan bau mulut
Bau mulut yang tidak sedap sering mengganggu seseorang saat berbicara, namun dengan cengkeh mampu menghilagkan bau mulut yang tidak sedap. Berikut cara membuat obat kumur dari cengkrh :
10 butir cengkeh dicuci lalu diseduh dengan 200 cc air panas, diamkan selama lima menit. Kemudian, di$aring dan airnya dipakai untuk kumur-kumur, lakukan setiap hari secara rutin.

8. Mencegah Osteoporosis
Pengeroposan tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi cengkeh, karena jumlah flavonoid dan euganol dalam tulang terbukti bisa bekerja membantu mengatasi pelarutan kalsium berlebihan yang bisa mengurangi kepadatan tulang.


Previous
Next Post »