-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

7 Manfaat Jamblang Untuk Kesehatan

Manfaat Jamblang Untuk Kesehatan - Buah jamblang atau yang sering dikenal duwet ini memiliki ciri-ciri warna hitam, daging berwarna putih,buah mirip dengan anggur hitam, serta memiliki rasa manis dan sedikit sepat. Buah jamblang dapat mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh, Kandungan alfa phytosterol, sejenis sterol yang memiliki tanda-tanda menghalangi keunggulan kolesterol atau anticholesteremik.

Memang buah duwet tidak sepopuler seperti anggur dan strooberi namun dibalik itu semua, buah jamblang memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Di dalam buah duwet banyak mengandung zat astringent, satu zat yang disadari dapat membantu penyembuhan luka diabetes karena tanda-tanda astringent yang dapat menciutkan kulit. Tidak cukup sampai di sini, serat, vitamin dan bermacam mineral ada juga di dalam duwet. 


Manfaat buah jamblang bagi kesehatan tubuh :

1.  Mencegah Diabetes
Senyawa alkaloid dan juga glikosida jambolin di dalam buah jamblang menjadi senyawa anti diabetes yang bekerja membantu mengurai gula menjadi energi sehingga kadar gula di dalam darah lebih stabil dan diabetes pun tak akan terjadi.Jamblang digunakan sebagai bahan alami obat diabetes yang bisa membantu mencegah dan mengobati diabetes.

2.  Sumber Anti-oksidan Yang Tinggi
Kandungan antioksidannya yang tinggi pada buah jamblang dikarenakan warna (pigmen) ungu yang dikenal dengan nama antosianin. Anti-oksidan ini melakukan tindakan paling penting dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit jantung koroner dan kanker.

3. Menyembuhkan Diar
 Sering keluar masuk wc akibat rasa mulas dan diare ? Salah satu cara yang dapat anda coba untuk mengobati diare adalah mengkonsumsi kulit dahan jamblang. Caranya cukup rebus kulit dahan jamblang kemudian saring air rebusan tersebut dan minumlah secara rutin hingga diare sembuh. 

4. Mencegah TBC Dan Asma
Kandungan dalam buah jamblang terbukti bermanfaat bagi penderita Tubercolusis dan asma. Langkah-langkahnya dibawah ini :
  • Cuci buah jamblang segar  sampai bersih, buang bijinya, lalu makan. Lakukan tiga kali sehari.
  • Sediakan buah jamblang kering. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan air sampai seluruh buah terendam, lalu tim sampai matang. Setelah dingin, minum airnya dan makan buahnya sekaligus. Lakukan tiga kali sehari.
 5.  Mengobati Nyeri Pada Lambung
Nyeri pada lambung dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah jamblang. Berikut langkah-langkah membuat ramuan herbal untuk mengobati nyeri lambung :
  • Ambil sebanyak 30 gram buah jamblang yang telah dipisahkan bijinya lalu disangrai hingga baunya tercium harum.
  •  Setelah itu buatlah tim dari buah tersebut sambil diaduk. Minum lah tim tersebut sebanyak tiga kali sehari selama tidak kurang dari 10 hari.
6. Mengobati Sariawan 
Sariawan sering menyerang bagian mulut karena kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh, Mengkonsumsi daun dan kulit jamblang mampu mengobati penyakit sariawan secara efektif. Dibawah ini adalah langkah langkah untuk mengobati sariawan dengan daun jamblang :
  • Ambil daun jamblang secukupnya
  •  Lalu rebus hingga mendidih. Tunggu sampai air hangat lalu berkumur lah dengan menggunakan air tersebut. 
  • Lakukan kumur sebanyak empat kali sehari untuk membantu menyembuhkan sariawan yang ada di dalam mulut.
7.  Mengatasi Anemia
Anemia atau darah rendah dapat diobati dengan mengkonsumsi buah Jamblang. Hal ini bukannya tanpa alasan. Buah Jamblang memiliki banyak sekali kandungan zat-zat berguna seperti zat besi serta vitamin C. Dimana dua zat ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Sekian informasi tentang manfaat dab khasiat buah jamblang, kunjungi artikel lainnya untuk memperoleh informasi tentang manfaat dan khasiat buah lainnya.


Previous
Next Post »

2 comments

Unknown delete July 28, 2017 at 1:46 AM
Komentar anda telah dihapus!
Manfaat Kesehatan delete July 28, 2017 at 2:29 AM

Info yang berguna Manfaat Buah Jamblang memang bagus untuk kesehatan tubuh