-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

10 Manfaat dan khasiat Gingseng

Manfaat, kandungan dan khasiat  ginseng - Ginseng (Panax) adalah sejenis tanaman berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis.
Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Kandungan Ginseng :

Kandungan kimia ginseng yang telah diketahui adalah saponin dan glikosida. Glikosida pada akar ginseng dikenal sebagai ginsenosida . Selain itu, akar ginseng juga mengandungi 16jenis ginsenosida seperti minyak asiri , panasena, resih, musilago, asam panax, fitosterol, hormon, vitamin B, kabohirat dan selulosa. Pada tahun 1960 an, sejenis sebatian yang dikenal sebagai “terpenidol glycisides” telah ditemui oleh peneliti-peneliti Moskow dan Tokyo.

Manfaat ginseng bagi kesehatan

  1. Konsumsi ginseng dalam bentuk bubuk dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di mana hal ini bisa terjadi karena dipicu oleh proses regulasi kelenjar endokrin. Lain itu juga, ginseng membantu tubuh untuk menyesuaikan dan membantu untuk secara efektif mengatasi fisiologis, ketegangan biologis dan psikologis.
  2. Ginseng juga memiliki kandungan vitamin C, yang merupakan antioksidan yang membantu meningkatkan proses kognitif Anda.
  3. Ginseng juga membantu meningkatkan libido seseorang sebesar 180% dan kesuburan bagi pria maupun wanita. Di mana hal ginseng membantu jumlah sperma pria meningkat sampai hampir 200%. Di samping itu, pria yang mengkonsumsi ginseng mengembangkan fungsi ereksi dan kualitas sperma Anda. Sedangkan bagi wanita yang menderita penyimpangan hormon atau menopause, mengonsumsi ginseng menurunkan nyeri siklus menstruasi dan gejala menopause.
  4. Ginseng telah diketahui dapat membantu meningkatkan produksi estrogen, yang menguntungkan bagi wanita perimenopause dan menopause.
  5. Mengonsumsi ginseng dapat membantu mencegah osteoporosis. Kondisi ini bisa terjadi karena ginseng juga memiliki kandungan kalsium.
  6. Ginseng bertindak sebagai stimulan untuk membantu fungsi adrenal. Di mana hal itu membantu meningkatkan energi dan stamina Anda.
  7. Kehadiran zat besi dalam ginseng membantu untuk mengurangi risiko anemia.
  8. Glucosinolates merupakan salah satu unsur ginseng, yang memiliki sifat anti-mutagenik dan anti-karsinogenik, dimana dapat membentengi Anda terhadap jenis kanker tertentu.
  9. Ginseng dapat membantu menangani sembelit dan membantu dalam pengeluaran tinja.
  10. Seperti yang dilansir dari Daily Mail (08/01), penelitian tersebut dilakukan oleh para ahli dari Yonsei University College of Medicine, Korea Selatan. Menurut mereka, pria dengan kondisi disfungsi ereksi mampu memperbaiki kehidupan seksualnya jika mengonsumsi ginseng.  Sebelumnya, memang sudah banyak penelitian lain yang menyebutkan kalau ginseng mampu menyembuhkan impotensi. Namun penelitian itu hanya diujicobakan pada tikus laboratorium. Kini, penelitian terbaru melibatkan 100 pria yang didiagnosis dengan masalah ereksi.

Khasiat Ginseng :

  1. Mempercepat proses penyembuhan pasca operasi.
  2. Mencegah penuaan dini karena mengandung anti oksidan dan bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radiasi pada saat menjalani kemoterapi (anti radiasi).
  3. Membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
  4. Berfungsi sebagai anti kanker atau mencegah kanker.
  5. Membantu menenangkan sistem syaraf atau mengandung anti depresan.
  6. Menjaga serta memperbaiki pembuluh darah previer.
  7. Meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh dari serangan penyakit.
  8. Merupakan makanan tambahan 100% murni, sangat aman di konsumsi oleh seluruh anggota keluarga, karena tidak memiliki efek samping.

Demikianlah  Manfaat, kandungan dan khasiat  ginseng, mudah mudahan menambah wawasan bagi kita semua.

Previous
Next Post »