-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Manfaat dan Khasiat Kalsium Karbonat

Kalsium Karbonat - kalsium karbonat pada umumnya yaitu sebagai bahan dasar suplemen kalsium untuk manusia, untuk terapi pengobatan penderita defisiensi gizi, sebagai obat untuk penderitaosteoporosis, dan juga sebagai bahan pengobatan hiperfosfatemia untuk pasien yang mengalami gagal ginjal kronis dan hiperparatiroidisme sekunder.

Manfaat kalsium Karbonat






informasi mengenai kalsium Karbonat :Kalsium karbonat memiliki rumus kimia CaCO3, memiliki warna dasar putih serta biasanya dapat dijumpai dengan mudah di kalsit, batu kapur, batu gamping dan juga batu marmer.  Kalsium karbonat juga banyak terdapat pada stalagmit dan stalaktit yang biasanya terletak di daerah-daerah pegunungan tinggi.  Untuk kalsium karbonat yang berada pada stalagmit danstalaktit, asal muasalnya dari tetesan air tanah yang mengendap untuk jangka waktu yang sangat lama, yakni ribuan hingga jutaan tahun.

Fungsi kalsium karbonat dalam kehidupan sehari-hari
Seiring berkembangnya jaman, kalsium karbonat sudah mulai banyak dimanfaatkan oleh para pelaku industri, salah satunya adalah untuk membuat pasta gigi serta obat untuk asam lambung.  Kalsium karbonat memang memiliki manfaat dalam membantu pertumbuhan gigi dan tulang agar tak cepat keropos, ini dikarenakan fungsi kalsium karbonat sebagai salah satu zat utama dalam pembentukan tulang dan gigi.

Fungsi kalsium karbonat
Seseorang juga disarankan untuk mengkonsumsi suplemen yang mengandung kalsium karbonat apabila mereka tak mendapatkan asupan kalsium yang cukup dalam makanan sehari-hari.  Sayangnya, seringkali kita tak sadar bahwa kita kekurangan kalsium karbonat dan baru menyadarinya ketika sudah terlambat.  Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan menjaga tulang agar selalu sehat dan kuat, kalsium juga berperan banyak agar otot, sistem saraf dan hati tetap bisa berjalan dengan sempurna tanpa masalah apapun.  Kalsium karbonat juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit mulas atau rasa panas dalam perut maupun penyakit perut lainnya.

Jangan mengabaikan fungsi kalsium karbonat sebelum terlambat.  Setelah seseorang mencapai umur 35, maka tulang mulai kehilangan kepadatannya, biasanya lebih cepat terasa pada ibu-ibu yang hamil ataupun baru melahirkan karena sebagian asupan gizi mereka akan diberikan kepada janin yang dikandungnya.  Hal ini juga dapat berlangsung lebih cepat apabila kita tak mencukup kebutuhan kalsium dari saat masa kecil atau remaja.  Seringkali, seseorang yang terkena penyakit osteoporosis(pengeroposan tulang) diakibatkan karena kekurangan kalsium secara terus menerus, yang pada akhirnya mengarah pada porous (tulang tipis yang dapat retak dengan mudah).  Faktor-faktor lainnya yang mendukung terjadinya osteoporosis adalah kebiasaan merokok, hormon dalam tubuh yang tak seimbang, level thyroid yang tak seimbang, kurang olahraga, stress berkepanjangan dan lain-lain.

Sumber : http://www.sehat100.com/fungsi-kalsium-karbonat-bagi-tubuh/

Previous
Next Post »