Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Thursday, March 17, 2016

7 Manfaat Baik jahe untuk tubuh

Manfaat Jahe - Jahe atau yang memiliki nama latin (Zingiber officinale) adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. (Sumber : Wikipedia )


Informasi manfaat jahe untuk tubuh
Manfaat Jahe yang Baik untuk tubuh


Jenis tanaman herbal ini tumbuh subur di Indonesia. Biasanya sering digunakan sebagai obat dan rempah-rempah untuk dibuat bumbu makanan. Jahe memiliki rasa yang khas yaitu pedas, itu disebabkan kandungan didalamnya terdapat senyawa keton yang benama zingeron.

Jahe sangat membantu bila di konsumsi di daerah-daerah dingin , karena akan membuat tubuh terasa lebih hangat, selain hangat banyak juga manfaat dari jahe.
 

7 Khasiat Jahe Untuk Kesehatan

1.   Menurunkan Berat Badan
Wedang jahe sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang terdapat dalam jahe berguna untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga dapat membakar kalori dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya tiap hari dapat membantu penurunan berat badan lebih cepat.

2.   Melancarkan Peredaran Darah
Kandungan Gingerol yang terdapat dalam jahe berfungsi untuk melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, akan mencegah terjadinya penggumpalan darah, sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh pembuluh darah yang tersumbat.

3.   Sumber Antioksidan
Jahe memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Dengan mengkonsumsi jahe secara teratur dapat mencegah terkena berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

4.   Mencegah Sel Kanker
Ternyata jahe dapat digunakan juga untuk mengatasi sel-sel kanker dalam tubuh supaya tidak berkembang. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak jahe dapat melawan berbagai macam jenis kanker diantaranya yaitu kanker usus dan kanker ovarium.

5.   Mengatasi MigrainSakit kepala sebelah dapat diobati dengan jahe, karena biasanya migrain disebabkan oleh prostaglandin yang menjadi faktor utamanya. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi jahe dapat mengurangi dan menyembuhkan migrain.

6.   Mencegah Jerawat
Dengan mengkonsumsi jahe sekitar 4 gram perhari dapat mencegah timbulnya jerawat. Ungkapan ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Universitas Maryland Medical Center. Tetapi janganlah mengkonsumsi jahe lebih dari 4 gram perhari, karena dapat menyebabkan efek samping seperti diare, mules, dan iritasi.

7.   Memperkuat Otot
Untuk memperkuat massa otot dibutuhkan kerja keras seperti dengan berolahraga fisik setiap hari dan pastinya membutuhkan stamina yang prima. Jahe dapat digunakan untuk mengembalikan stamina setelah berolahraga. Selain itu, dapat memulihkan tubuh yang sakit akibat fitness yang terlalu berlebihan.

Semoga artikel singkat membahas mengenai jahe ini dapat membantu mengatasi penasaran dan pengetahuan anda tentang tanaman rimpang yang baik untuk obat ini. Terimakasih



Previous
Next Post »