Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

12 Ragam Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya - Lidah buaya atau nama lainnya aloe vera ini merupakan jenis tumbuhan yang sangat banyak dibudidayakan di Indonesia, karena penanamannya yang mudah dan tidak memerlukan perawatan yang khusus. Bentuknya yang unik menjadikan tanaman lidah buaya menjadi tanaman hias. Selain bentuknya yang unik. Tanaman lidah buaya juga sangat kaya manfaat. Mulai dari untuk kebutuhan kulit, wajah, dan rambut semua dapat dicukupi dengan kandungan nutrisi lidah buaya.

Di negara kita biasanya masyarakat mengolah lidah buaya menjadi minuman sehat dan menyegarkan.  Dan seiring berkembangnya IPTEK memaksa seseorang untuk terus adu ide membuat banyak hal baru, misalnya produk perawatan kulit. Lidah buaya saat-saat ini telah berubah fungsi menjadi bahan baku farmasi dan kosmetik banyak industri.

Kandungan yang terdapat di dalamnya, seperti zat kimia enzim, asam amino, dan polisakarida. Beberapa nutrisi berupa vitamin juga memenuhi kadar gizi dalam lidah buaya. Manfaat lidah buaya sering kali dimanfaatkan sebagai bahan alternatif terhadap berbagai keluhan tubuh bagian dalam ataupun bagian luar. Semakin terkenalnya lidah buaya ini sampai membuat bangsa Mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.


Ragam Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya


1. Mengatasi Sembelit
Salah satu manfaat mengkonsumsi lidah buaya yaitu mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Bagian lidah buaya yang bermanfaat untuk mengatasi sembelit adalah bagian korteks lidah buaya yang berada tepat di bawah kulit daun. Bagian korteks ini memiliki komponen yang disebut dengan aloin/barbaloin yang memiliki efek laksatif.

2.  Mengatasi Diabetes
Diabetes adalah penyakit kronis (menahun) yang terjadi ketika pankreas (kelenjar ludah perut) tidak memproduksi cukup insulin, atau ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin.. Faktanya, mengkonsumsi lidah buaya dapat memembantu mengatur kadar gula darah akibat kandungan 3 senyawa penting didalamnya. Tiga senyawa dalam lidah buaya yang mampu membantu penyakit diabetes adalah lektin, mannans, dan anthraquinones.

3. Mengatasi Penyakit Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun (penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh. Kandungan lidah buaya yang berupa senyawa alprogen yang dapat menghambat reaksi autoimun tersebut.

4. Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh 
Kandungan di dalam lidah buaya yang berupa protein ini bermanfaat untuk menetralkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Racun-racun ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, konsumsi lidah buaya sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan keefektifan dari penetralan racun. Konsumsi lidah buaya dapat dilakukan dengan mengolahnya menjadi jus seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

 5. Mampu Menurunkan Berat Badan
Lidah buaya terbukti efektif dalam menurunkan berat badan seseorang. Karena lidah buaya kaya akan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu mengikat lemak dan melancarkan pencernaan sehingga proses penyerapan nutrisi berjalan dengan baik dan mencegah adanya penimbunan lemak.

6. Membantu Sistem Pencernaan
Mengkonsumsi lidah buaya secara rutin baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk membantu proses pencernaan manusia. Lidah buaya dapat membantu usus untuk bekerja secara maksimal dalam menyerap protein dalam makanan dan meminimalisir kebiasaan sering mulas. 

7. Menurunkan Kolesterol
Salah satu manfaat lidah buaya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kandungan asam amino dalam lidah buaya mampu mengikat kolesterol dalam darah untuk segera diproses dan dikeluarkan dari dalam tubuh.

8. Menghilangkan Jerawat
Di bidang kecantikan lidah buaya ini sering dijadikan bahan utama pembuatan kosmetik. Salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Namun anda bisa memanfaatkan lidah buaya ini untuk menghilangkan jerat. Caranya sangat sederhana dan dapat dilakukan dirumah tanpa harus pergi ke klinik kecantikan. dibawah ini adalah langkah-langkahnya :
  • Ambil satu batang lidah buaya, kemudian belah
  • Lalu ambil getahnya atau lendir yang terdapat didalamnya. 
  • Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit 
  • kemudian bilas dengan air hangat.
9. Menghilangkan Panu Di Permukaan Kulit Selain memiliki senyawa anti bakteri, gel lidah buaya juga memiliki kemampuan sebagai agen anti jamur. Salah satu kandungan dalam lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan jamur yang sering muncul di permukaan kulit.

10. Memutihkan Gigi
Gigi yang berwarna agak kekuningan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri untuk tersenyum. Salah satu penyebab gigi menguning yaitu adanya zat yang dihasilkan oleh bakteri yang terdapat pada rongga mulut. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat kumur.

11. Membantu Proses Penyembuhan Luka
Luka lecet yang disebabkan oleh gesekan kasar dan mengakibatkan rasa yang amat perih dapat diobati dengan lidah buaya, karena memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja membangun jaringan baru di jaringan kulit yang mengalami luka. Anda cukup mengeluarkan gel lidah buaya dengan memotong lidah buaya menjadi dua bagian. Oleskan gel tersebut ke bagian kulit yang mengalami luka.

12. Membuat Rambut Lebih Hitam Dan Lebat
Beberapa shampoo ternama telah memakai lidah buaya sebagai bahan utama produknya. Memang diketahui lidah buaya memiliki manfaat untuk rambut yaitu meningkatkan pertumbuhannya, sehingga rambut menjadi lebih lebat. Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang mampu membuang sel kulit mati yang menghambat pertumbuhan rambut. Selain itu alkalisasi dari lidah buaya juga dapat membuat kadar pH rambut menjadi lebih baik dan normal, sehingga rambut pun dapat tumbuh lebih lebat.
 
Tuhan telah menciptakan alam ini dengan berbagai manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. sepantasnya kita juga  harus menjaga alam kita agar tetap asri dan alami guna mendapatkan manfaat yang maksimal.

Demikian pembahasan dalam artikel ini semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »