-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya - Pepaya merupakan buah yang dikonsumsi banyak orang karena rasanya yang manis dan enak. Pohon pepaya banyak tumbuh di negara-negara tropis seperti Di negara Indonesia yang kita tinggali ini. Karena banyaknya permintaan dari pasar untuk buah yang satu ini, banyak petani yang beralih ke tanaman buah pepaya. Selain cara penanamannya yang tidak rumit, harganyapun juga cukup terjangkau.

Pada awalnya pepaya dibudidayakan di negara Meksiko dan  dapat tumbuh lebih dari 30 meter. yang memiliki ciri daun yang menyirip dan lebar. Tanaman pepaya adalah buah serbaguna yang baik di makan saat matang dan mentah. Selain memiliki buah yang enak ternyata, Daun pepaya juga menyimpan berbagai manfaat baik jika dikonsumsi.


Manfaat Daun Pepaya Untuk Tubuh
Karena memiliki kandungan vitamin B,A,C,D,E dan Kalsium daun pepaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dibawah ini adalah manfaat mengkonsumsi daun pepaya untuk tubuh.

1. Membantu Melancarkan Pencernaan
Kekurangan asupan serat menjadi salah satu faktor gangguan pencernaan. Daun pepaya mengandung juga serat dan enzim papain  yang membantu sistem pencernaan dalam mengatasi gangguan seperti sembelit atau susah buang air besar.

2.Mencegah Penyakit Jantung Koroner
Biasanya jantung koroner disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol. Untuk mencegahnya, tubuh perlu banyak vitamin C karena antioksidan ini mampu melancarkan peredaran darah.

3. Emfisema
Meskipun jarang yang mempunyai penyakit Emfisema, tetapi penyakit ini cukup mengganggu karena menyerang organ vital yakni paru-paru. Emfisema dapat dicegah dan diobati dengan daun pepaya. Rebus daun pepaya dan minum secara rutin, karena memiliki kandungan vitamin D yang tinggi daun pepaya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan atau meringankan emfisema yang diderita .

4. Menurunkan Berat Badan
Bagi yang menjalani program diet dan anda bosan dengan menu itu-itu saja. Maka anda bisa mencoba mengonsumsi daun pepaya. Kandungan protein dan lemak yang rendah serta banyak vitamin dan kalori akan mengenyangkan tubuh lebih lama.

5. Mengobati Kanker
Ternyata proses penyembuhan kanker dapat dibantu dengan mengkonsumsi daun pepaya. Air rebusan daun pepaya dapat membantu penyembuhan kanker. Hal ini dikarenakan daun pepaya memiliki senyawa anti kanker yang kuat. Lakukan peminuman air rebusan dengan teratur.

6.Menurunkan Diabetes
Manfaat daun pepaya tak hanya mampu mengurangi terjadinya stres oksidatif, namun juga merangsang kinerja insulin dan meregulasi kadar gula dalam darah sehingga menurunkan diabetes. Selain itu, daun pepaya juga bisa meminimalisir terjadinya komplikasi, salah satunya adalah kerusakan ginjal.


Manfaat Daun Pepaya Untuk Kecantikan Wajah
Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata daun pepaya juga memiliki peran untuk menjaga kecantikan wajah.

1. Pembersihkan Kulit
Karena daun pepaya memiliki kandungan senyawa karpain. Senyawa ini mampu mencegah dan membunuh mikroorganisme yang tidak kita inginkan

2. Menghilangkan Jerawat
Jerawat, pasti semua orang ingin menghindari yang namanya jerawat. Terlebih lagi bagi kaum hawa karena jerawat dapat mengganggu penampilan mereka. Namun anda dapat mengobatinya dengan cara alami menggunakan daun ini adalah cukup mudah
  • tumbuk 2-3 lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur.
  • campurkan sedikit air hangat lalu oleskan ramuan tersebut pada daerah wajah berjerawat. 
  • Diamkan 20 – 30 menit baru kemudian cuci muka anda dengan air bersih. 
3. Melembutkan Wajah
Daun pepaya dipercaya dapat melembutkan wajah secara alami.

4. Menghilangkan ketombe 
Daun pepaya biasanya bisa dibuat shampo alami atau campuran bahan kosmetik lainnya. Senyawa karpain ini, efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak serta bahan kimia untuk rambut tanpa efek samping.

Previous
Next Post »