Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Manfaat Lengkuas Bagi Tubuh

Manfaat Lengkuas Bagi Tubuh - Lengkuas biasanya digunakan untuk campuran bumbu dapur. Seperti, bumbu pelengkap untuk olahan daging, sayuran dan ikan. Tak hanya sebagai pelengkap bumbu lengkuas juga dimanfaatka sebagai minuman tradisional atau yang sering disebut jamu dengan dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya seperti buah mengkudu.

Bagian tanaman lengkuas yang dimanfaatkan adalah umbi akarnya. Pada akar rimpang ini, mengandung senyawa penting antara lain minyak atsiri yang terdiri atas galangol, methyl-cinnamae, galangin dan sineol. Senyawa lainnya adalah kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, amilum dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagian orang mungkin kesulitan untuk membedakan lengkuas dengan jahe. Meski memiliki ciri fisik yang hampir sama, namun lengkuas dan jahe sangatlah berbeda. Kita bisa membedakannya melalui aromanya. Daging pada lengkuas juga lebih keras dibanding dengan daging pada jahe. Hal itu dapat kita buktikan dengan mencoba membelah daging lengkuas dan jahe. Pada saat membelah jahe kita tak akan merasakan kesulitan membagi. Namun ketika kita membelah lengkuas maka kita akan sedikit mengeluarkan tenaga agar bisa membelahnya. 

Kandungan Zat dalam Lengkuas
Lengkuas juga mengandung kalori dan serat. Tanaman herbal ini juga kaya akan kandungan sodium, zat besi,vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, quercetin dan galangin.

Manfaat Lengkuas Bagi Kesehatan 

1. Mengobati Panu

Panu adalah penyakit yang sering menyerang seseorang yang kurang menjaga kebersihan, panu ini sangat mengganggu karena menimbulkan rasa panas dan gatal serta mengganggu penampilan yang membuat bercak pada kulit. Namun dengan menggunakan lengkuas anda dapat mengobatinya dengan mudah dan murah. Caranya cukup mudah hanya tumbuk lengkuas dan kapur sirih hingga halus, kemudian gosok-gosok pada daerah yang dihinggapi panu.

2. Mengurangi resiko kanker
Lengkuas memiliki kandungan flavonoid galangin. Galangin ini terbukti memiliki anti-oksidatif untuk menangkal radikal bebas. Zat ini dapat memodulasi enzim kegiatan dan menekan genotoxicity bahan kimia. 

3. Mengobati Tumor
Senyawa transkoniferil disasetat yang terkandung dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.

4. Menurunkan Resiko Rematik
Rematik adalah penyakit yang menyebabkan nyeri atau pegal-pegal pada anggota gerak terutama pada sendi. Namun dengan mengkonsumsi lengkuas anda dapat menurunkan resiko rematik.

5. Mengobati Jerawat
Lengkuas juga dapat berperan sebagai pembersih antiseptik yang dapat membantu menjaga kulit agar tetap terlihat bersih, cerah dan halus. Ramuan ini berfungsi untuk merevitalisasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, lengkuas juga dapat menjadi obat alami untuk penyembuhan jerawat. Kandungannya dapat mengurangi pembentukan jerawat dengan membersihkan bakteri dari kulit.
 
6. Menjaga Kebersihan Mulut Lengkuas dapat digunakan sebagai obat kumur sehingga dapat mengurangi sariawan, bau mulut, radang gusi dan sakit tenggorokan.

7. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu menghilangkan racun-racun dari tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini menyebabkan pelepasan nutrisi ekstra untuk jaringan kulit, sehingga mampu mencegah radikal bebas yang merusak kulit, serta menjaga keremajaan kulit.

Sekian artikel ini semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »