-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

7 Manfaat Mengkonsumsi Bidara Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat mengkonsumsi bidara - Bidara atau nama latinnya Ziziphus mauritiana adalah pohon kecil yang sekelas tanaman semak. Ciri-ciri tanaman ini memeliki daun yang melingkar (elips),berwarna hijau dan pemukaan daunnya mengkilap. Seperti tumbuhan lainnya buah dan daunnya sering dimanfaatkan manusia untuk dijadikan obat-obatan alami.Daun bidara sudah sejak jaman dahulu dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dibawah ini adalah manfaat daun bidara.

Buah bidara diperjual belikan sebagai buah segar, untuk dimakan langsung atau dijadikan minuman segar. Di beberapa tempat, buah ini juga dikeringkan, dijadikan manisan, atau disetup. Buah muda dimakan dengan garam atau dirujak. Buah dari pohon yang meliar kecil-kecil dan agak pahit rasanya. Buah bidara merupakan sumber karoten, vitamin A dan C, dan lemak.


Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan.

1. Sumber Antioksidan Yang Tinggi
Antioksidan yang tinggi Daun bidara memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi, kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan badan kita dari serangan penyakit.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka 
Ternyata daun bidara juga ampuh dalam penyembuhan luka akibat jatuh atau lecet. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa anti inflamasi dalam daun bidara, mampu membuat kulit yang terluka lebih cepat sembuh. Daun bidara digunakan sebagai obat luka adalah daun bidara kering yang sudah diolah menjadi bubuk. Campurkan daun bidara dengan sedikit air hingga menjadi pasta setelah itu oleskan pada bagian yang terluka.

3. Menambah Nafsu Makan
Bagi seseorang yang memiliki masalah dengan nafsu makan maka daun bidara ini cocok untuk menambah nafsu makan. Hal ini dikarenakan senyawa dan juga aroma menyegarkan yang terdapat pada daun bidara dapat menambah nafsu makan seseorang. Biasanya, daun bidara diolah menjadi teh atau kapsul bubuk. Mengonsumsi daun bidara juga bisa membantu sesorang dalam masa pemulihan setelah sakit.

4. Menyembuhkan diabetes
Kandungan senyawa yang diketemukan dalam daun bidara kering ini nyatanya juga bisa membuat perlindungan badan dari rusaknya system penyusunan kandungan gula. Perihal ini pula yang mengakibatkan penggunaan daun bidara kering untuk penyembuhan diabetes dapat dibuktikan ampuh.

5. Menyembuhkan demam
Daun bidara sangatlah berguna untuk proses penyembuhan demam, baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan.

1. Mengatasi kulit kering
Kulit muka yang kering kerap menggangu penampilan seseorang . Selain itu kulit kering lebih tampak kusam serta tidak tertangani. Untuk menangani permasalahan ini jadi, dapat menggunakan masker dari daun bidara, langkahnya :
  • Leburkan daun bidara yang masih hijau serta segar
  • Campur dengan sedikit air
  • Pakai masker ini ke sisi muka, tangan ataupun kaki
  • Masker dapat juga digabung dengan madu atau perasan jeruk lemon
  • Bersihkan dengan air hangat serta berikanlah pelembab sesuai sama jenis kulit
  • Lihat hasilnya selepas 3 sampai 4 kali penggunaan.
2. Menyembuhkan jerawat
Khususnya untuk remaja yang kerap mengeluhkan banyak jerawat di muka mereka, lainnya itu daun bidara ini bisa kurangi minyak dari kulit muka untuk yang berwajah senantiasa berminyak. Berikut langkah-langkah membuat masker daun bidara
  • Basuhlah wajah anda dengan air bersih
  • Keringkan dengan handuk
  • Leburkan daun bidara dan beri sedikit air
  • Oleskan ke wajah anda secara merata
  • Tunggu 15-30 menit
  • Terakhir bilas wajah anda dengan bersih
  • Lakukan hal tersebut sebanyak 3-4 kali dalam seminggu
Demikian sedikit informasi yang bisa infomanfaatkhasiat bagikan disini semoga dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang manfaat dan khasiat dari berbagai macam tumbuhan dan dan buah yang baik untuk kita ketahui sebagai obat-obat alami, terimakasih.

Previous
Next Post »