Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

Sunday, January 29, 2017

Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Sawi Hijau Untuk Kesehatan - Sayur sawi hijau biasanya dapat diolah untuk berbagai tumisan atau campuran berbagai mie instan. Bermacam-macam jenis olahan makanan yang dijual, biasanya lebih memilih sawi hijau ketimbang berbagai jenis sayuran lain. Ini karena sawi memilki rasa khas enak yang tetap nikmat kalau dicampur dengan berbagai macam makanan. Selain itu, bagi yang menyukai sawi terdapat banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari sawi hijau tersebut. 

Sawi hijau memiliki ciri-ciri batang pendek dengan daun lebar, dan berwarna hijau keputih-putihan. Sedangkan, sawi putih berbatang pendek, berdaun lebar dengan warna hijau tua, bertangkai halus. Sawi hijau termasuk sayuran yang mempunyai sedikit kalori, tapi mempunyai serat tinggi dengan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh.


Manfaat Mengkonsumsi Sawi Hijau Secara Rutin

Seperti yang diketahui sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, Karena sayuran hijau kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seperti sawi hijau merupakan sumber yang sangat kaya vitamin K dan juga mengandung folat, thiamin, niacin, asam pantotenat, choline, fosfor dan kalium.

1. Menyehatkan Tulang
Karena sawi hijau mengandung vitamin K yang cukup tinggi. vitamin K adalah hal penting untuk menjaga kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau mengandung vitamin K sebanyak 770 mikrogram , yaitu lebih dari 100% yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan.

2. Untuk Menegah Kanker
Pada tahun 2004 Journal Og Nutrition menyatakan bahwa kandungan sulforaphane yang banyak pada golongan sawi-sawian sangat efektif untuk mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Dari beberapa hasil studi epedimelogi, diketahui bahwa mengonsumsi sayuran dari jenis sawi-sawian dapat menurunkan risiko dari beberapa jenis kanker, yaitu kanker payudara, prostat, ginjal, kandung kemih, dan paru-paru. 


3. Mengatasi Penyakit Diabetes
Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang biasanya yang lebih akrab dikenal dengan nama  alpha-lipoic acid, yang telah terbukti mampu mempercepat proses penyembuhan penderita diabetes.
4. Mengatasi  Sulit Tidur (Insomnia)
Sawi hijau mengandung kolin, Kolin sendiri merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Rambut
Kandungan vitamin A dalam  Sawi hijau juga bagus untuk menjaga kesehatan rambut, nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada  rambut.

Cara Mengolah Sawi

Bagaimana cara mengolah sayuran dengan baik ?, sehingga vitamin yang dimiliki oleh sawi banyak yang hilang. Caranya cukup mudah yaitu cuci daun sawi di dalam semangkuk air dingin secara berulang sampai tidak ada pasir atau kotoran di dalam air. Saat mengolah sawi, usahakan selalu memakai api besar sehingga suhu panas tidak mengeluarkan banyak air, sehingga tidak banyak sulfur yang larut dan tetap renyah. Jangan terlalu lama mengolah atau merebus sawi karena daun sawi terlalu lunak dan aroma sulfur terlalu tajam.

Ya itulah beberapa manfaat tentang sawi hijau yang perlu diketahui, pilihlah sayuran hijau yang masih segar supaya kita memperoleh manfaat yang maksimal.

Previous
Next Post »