-->

Berbagai Artikel Mengenai Manfaat dan khasiat dari buah, tanaman, komposisi disini tempatnya

10 Ragam Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan - Ubi ungu atau yang sering disebut telo ungu ini adalah salah satu olahan bahan makanan dan minuman yang sangat lezat. Olahan yang populer di indonesia adalah bakpao telo ungu dan jus telo ungu yang sangat lezat untuk disantap, Selain kita bisa merasakan kenyang , Ternyata mengonsumsi ubi ungu juga baik untuk kesehatan tubuh.

Ubi ungu memiliki kandungan karbohidrat yang setara dengan beras atau nasi,selain memiliki karbohidrat yang tinggi ubi ungu juga kaya akan kandungan Lisin, Kalium, Magnesium, Seng, Kalori, Vitamin A dan C, Thiamin (vitamin B1), Riboflavin, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Protein, Serat, Lemak, Antosianin. Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam ubi (termasuk ubi ungu), tidak mengherankan jika umbi-umbian yang satu ini pun kaya akan manfaat yang berguna untuk kesehatan tubuh.


Manfaat Ubi Ungu Untuk Kesehatan 

1. Mencegah Kanker

Adanya senyawa anti kanker yang sangat tinggi dalam ubi ungu sangat berkhasiat untuk mengurangi resiko kanker.para peneliti juga menemukan jika sianidin dan peonidin (turunan dari antosianin) yang mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Namun perlu diingat bahwa sifat antikanker tersebut hanya berlaku jika ubi ungu dalam keadaaan segar. Jika sudah disimpan selama beberapa bulan, sifat antikanker ubi ungu akan berkurang.

2. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat selanjutnya dari ubi ungu adalah menjaga kesehatan jantung, ini dikarenakan kandungan antioksidan yang berfungsi menurukan resiko penyakit jantung dan stroke.

3. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi sering dikeluhkan bagi mereka yang berusia lanjut, namun dengan mengonsumsi ubi ungu mampu mengurangi tekanan darah serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan antioksidan seperti antosianin, karotenoid, dan asam fenolik.
 
4. Memperlancar Peredaran Darah Pigmen warna ungu yang memberi warna pada daging ubi ungu dinamakan dengan antosianin. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, antosianin berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyerap polusi udara. Jadi pembekuan darah pun tidak akan terjadi dan peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar.

5. Mencerahkan Kantung Mata
Kantung mata yang berwarna gelap kerap mengganggu penampilan seseorang, namun dengan ubi ungu mampu mencerahkan kantung mata . Ambil potongan ubi ungu segar yang telah didinginkan terlebih dulu kemudian tempelkan dibagian bawah mata Anda. Diamkan selama beberapa menit agar nutrisi yang ada pada ubi ungu terserap oleh kulit.

6. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Adanya kandungan serat dan pectin. Keduanya berperan dalam menjaga pencernaan dan proses dalam saluran cerna tetap baik. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit.

7. Meringankan Asma
Penyakit asma memang tak bisa disembuhkan total, akan tetapi kita dapat mencegah asam yang sering kambuh dengan rutin mengkonsumsi ubi ungu. Asma terjadi karena organ paru yang susah mengembang. Dengan makan ubi ungu secara teratur, maka asma tidak akan sering kambuh lagi

8. Mengobati Diabetes
Karena ubi ungu merupakan sumber karbohidrat tinggi yang kaya akan sehat sehingga makanan ini sangat dianjurkan bagi orang yang menderita diabetes.

9. Menambah Berat Badan
Bagi Anda yang memiliki berat badan yang tidak ideal, ubi ungu dapat dijadikan solusinya. Karena rasanya yang manis dan karbohidrat kompleks serta vitaminnya, ubi ungu dapat menambah berat badan Anda secara cepat. Konsumsilah ubi ungu secara rutin maka otot-otot pada tubuh Anda akan terbentuk, usaha ini perlu dibantu dengan berolahraga secara teratur.
 
10. Mencerahkan Kulit Wajah
Ubi ungu juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah, karena kandungan antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas.

Previous
Next Post »